PENERAPAN E-LEARNING BERBANTUAN MEDIA PEMBELAJARAN EDMODO TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA KONSEP GEJALA PEMANASAN GLOBAL

  • Nurcahyani Podungge Universitas Negeri Gorontalo
  • Dewi Diana Paramata Universitas Negeri Gorontalo
  • Abdul Haris Odja Universitas Negeri Gorontalo
Keywords: E-learning, Edmodo, Hasil Belajar, Gejala Pemanasan Global

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memberikan gambaran mengenai apakah terdapat pengaruh penerapan e-learning berbantuan media pembelajaran edmodo terhadap hasil belajar siswa pada materi gejala pemanasan global, yang dilakukan di MAN 1 Kota Gorontalo pada tahun ajaran 2019/2020 dengan menggunakan kelas XI IPA 4 sebagai sampel penelitian. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode eksprimen dengan desain One Group Pretest-Posttest Design. Teknik pengumpulan data menggunakan tes tertulis berupa pretest dan posttest, data yang terkumpul dilakukan uji n-gain dengan nilai rata-rata hasil belajar pada posttest adalah 64 sedangkan pada pretest adalah 17 artinya nilai posttest lebih tinggi dibandingkan nilai pretest sehingga terjadi peningkatan hasil belajar. Sedangkan nilai n-gain yang ternormalisasi adalah 0.637 dan termasuk dalam kategori sedang. Selanjutnya dilakukan uji hipotesis menggunakan uji “t” berpasangan diperoleh thitung sebesar 31.22 sedangkan nilai diperoleh sebesar 2.03951. Dengan demikian thitung > ttabel sehingga Ho : ditolak dan Hi : diterima. Hal ini menunjukan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan pada hasil belajar siswa sebelum dan setelah menerapkan e-learning dalam pembelajaran fisika berbasis al-quran pada konsep gejala pemanasan global

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2020-12-31
How to Cite
Podungge, N., Paramata, D., & Odja, A. (2020). PENERAPAN E-LEARNING BERBANTUAN MEDIA PEMBELAJARAN EDMODO TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA KONSEP GEJALA PEMANASAN GLOBAL. KONSTAN - JURNAL FISIKA DAN PENDIDIKAN FISIKA, 5(2), 77-85. https://doi.org/https://doi.org/10.20414/konstan.v5i2.55