UPAYA MENINGKATKAN DISIPLIN GURU DALAM KEHADIRAN MENGAJAR DI KELAS MELALUI PENERAPAN REWARD AND PUNISHMENT SMA NEGERI 1 TUAL
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mencari alternatif pemecahan masalah sebagai upaya meningkatkan disiplin guru dalam kehadiran mengajar di kelas melalui penerapan Reward and Punishment di SMA negeri 1 Tual. Subjek penelitian ini adalah semua guru mata pelajaran di SMA N 1 Tual yang berjumlah 78 orang. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan metode penelitian tindakan sekolah (PTS) yang mengacu pada model Kemmis dan Mc Taggart yang dilakukan sebanyak dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahapan, yaitu: 1) Perencanaan Tindakan, 2) Pelaksanaan Tindakan, 3) Observasi Tindakan, dan 4) Refleksi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Melalui Penerapan Reward And Punishment Pada SMA Negeri 1 Tual dapat meningkatkan disiplin guru dalam kehadiran mengajar di kelas.” Rerata hasil capaian pada siklus I adalah 8,20% dan rata-rata capaian pada siklus II 89,48 % Jumlah guru yang masuk mengajar tepat waktu atau terlambat kurang dari 10 menit mencapai target melebihi target yang ditetapkan yakni 75 %. Hal ini jelas menunjukkan bahwa terjadi peningkatan disiplin guru pada siklus II yang mengalami peningkatan yang sangat signifikan dibandingkan pada siklus I. Selain itu model model peenerpan Reward and Punishmen ternyata cukup efektif diterapkan pada SMA Negeri 1 Tual.