PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA PESERTA DIDIK MA DARUL HIKMAH DAREK TAHUN PELAJARAN 2019/2020

  • Baiq Henny Helyandari Universitas Mataram
  • Hikmawati Hikmawati Universitas Mataram
  • Hairunisyah Sahidu Universitas Mataram
Keywords: Pembelajaran Problem based learning, hasil belajar

Abstract

Penelitian ini  bertujuan  untuk: mengetahui  pengaruh  model  problem  based learning  terhadap hasil belajar fisika peserta didik kelas XI MIA di MA Darul Hikmah Darek. Jenis penelitian kuasi eksperimen dengan desain penelitian - pretest-postest control group design. Populasi penelitian ini adalah semua peserta didik kelas XI MIA MA Darul Hikmah Darek tahun ajaran 2019/2020. Teknik pengambilan sampel menggunakan sampel jenuh, dengan peserta didik kelas XI MIA 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas  XI MIA 2 sebagai kelas  kontrol. Instrumen yang digunakan untuk mengukur hasil belajar   pada ranah kognitif adalah tes objektif yang terlebih dahulu diuji validitas, reliabilitas, daya beda dan taraf kesukaran soal. Nilai rata-rata hasil belajar kelas eksperimen 70,00 dan kelas kontrol 61,25. Hasil uji prasyarat analisis menunjukkan bahwa data posttestterdistribusi normal dan homogen sehingga uji statistik yang digunakan adalah parametrik t-test polled varian dengan kriteria uji t, dan diperoleh  thitung 2,08 dan ttabel    2,03 pada taraf signifikan 5%. Nilai thitung  lebih besar dari ttabel    maka Ho ditolak dan Ha  diterima,sehingga disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model Problem based learning terhadap  hasil belajar fisika peserta didik MA Darul Hikmah tahun ajaran 2019/2020.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2020-06-24
How to Cite
Helyandari, B., Hikmawati, H., & Sahidu, H. (2020). PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA PESERTA DIDIK MA DARUL HIKMAH DAREK TAHUN PELAJARAN 2019/2020. KONSTAN - JURNAL FISIKA DAN PENDIDIKAN FISIKA, 5(1), 10-17. https://doi.org/https://doi.org/10.20414/konstan.v5i1.46