PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA PESERTA DIDIK MA DARUL HIKMAH DAREK TAHUN PELAJARAN 2019/2020
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: mengetahui pengaruh model problem based learning terhadap hasil belajar fisika peserta didik kelas XI MIA di MA Darul Hikmah Darek. Jenis penelitian kuasi eksperimen dengan desain penelitian - pretest-postest control group design. Populasi penelitian ini adalah semua peserta didik kelas XI MIA MA Darul Hikmah Darek tahun ajaran 2019/2020. Teknik pengambilan sampel menggunakan sampel jenuh, dengan peserta didik kelas XI MIA 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI MIA 2 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan untuk mengukur hasil belajar pada ranah kognitif adalah tes objektif yang terlebih dahulu diuji validitas, reliabilitas, daya beda dan taraf kesukaran soal. Nilai rata-rata hasil belajar kelas eksperimen 70,00 dan kelas kontrol 61,25. Hasil uji prasyarat analisis menunjukkan bahwa data posttestterdistribusi normal dan homogen sehingga uji statistik yang digunakan adalah parametrik t-test polled varian dengan kriteria uji t, dan diperoleh thitung 2,08 dan ttabel 2,03 pada taraf signifikan 5%. Nilai thitung lebih besar dari ttabel maka Ho ditolak dan Ha diterima,sehingga disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model Problem based learning terhadap hasil belajar fisika peserta didik MA Darul Hikmah tahun ajaran 2019/2020.