PEMBELAJARAN FISIKA MENGINTEGRASIKAN ETNOSAINS PERMAINAN TRADISIONAL

  • Azmi Asra Universitas Pasir Pengaraian
  • Festiyed Festiyed Universitas Negeri Padang
  • Fatni Mufit Universitas Negeri Padang
  • Asrizal Asrizal Universitas Negeri Padang
Keywords: Pembelajaran Fisika, Etnosains, Permainan Tradisional

Abstract

Narrative literature review ini bertujuan untuk mengetahui pembelajaran fisika mengintegrasikan etnosains permainan tradisional. Narrative literature review ini menelusuri jurnal penelitian dalam masalah sejenis, diambil secara purposive berdasarkan kesesuaian dengan topik. Jurnal yang digunakan berasal dari basis data beberapa publisher baik nasional dan juga internasional sebanyak 38 jurnal dalam kisaran lima tahun terakhir (2020-2015). Analisis data menggunakan deskriptif kualitatif. Hasil dari narrative literature review ini menunjukan bahwa pembelajaran fisika mengintegrasikan etnosains permainan tradisional telah dilakukan peneliti dalam bentuk konsep dan prinsip fisika, pembelajaran fisika sangat erat kaitannya dengan kehidupan nyata sehari-hari, pengintegrasian etnosains dalam pembelajaran fisika sangat penting dilakukan serta memberikan dampak yang signifikan dalam upaya meningkatkan hasil dan motivasi belajar peserta didik serta kearifan lokal dalam bentuk permainan sangat cepat dan familiar pada peserta didik, dengan bermain seperti permainan tradisional membuat peserta didik dengan rasa senang dapat mengikuti dan melakukannya, peserta didik memiliki keterampilan berpikir logis dan kritis dengan melihat peserta didik yang lain saat interaksi dalam bermain.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2021-12-31
How to Cite
Asra, A., Festiyed, F., Mufit, F., & Asrizal, A. (2021). PEMBELAJARAN FISIKA MENGINTEGRASIKAN ETNOSAINS PERMAINAN TRADISIONAL. KONSTAN - JURNAL FISIKA DAN PENDIDIKAN FISIKA, 6(2), 66-73. https://doi.org/https://doi.org/10.20414/konstan.v6i2.67