IDENTIFIKASI KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA MAN 2 KOTA MATARAM KELAS XI-A MATA PELAJARAN FISIKA TAHUN 2017

  • Muhammad Isnaini Universitas Muhammadiyah Mataram
  • Ramlah Ramlah Universitas Muhammadiyah Mataram
  • Evi Sri Erwinta Universitas Muhammadiyah Mataram
Keywords: Instrumen assesment, Keterampilan proses sains, fluida statis

Abstract

Telah dilakukan identifikasi untuk mengetahui aspek keterampilan proses sains apa saja yang dimiliki siswa MAN 2 Kota Mataram Kelas XI-A. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes KPS pilihan ganda dan angket respon. Tes KPS dilakukan sebanyak dua kali untuk melihat konsistensi aspek KPS yang dimiliki siswa. Instrumen KPS yang digunakan telah kembangkan dan diuji cobakan. Berdasarkan data penelitian diperoleh aspek KPS yang dominan dimiliki siswa MAN 2 Kota Mataram kelas XI-A adalah Observasi 65%, Klasifikasi 75%, Interpretasi 65%, Prediksi 52%, Komunikasi 82%, Hipotesis 69%, Merencanakan Penelitian 82%, dan Aplikasi konsep 68%. Tanggapaan guru terhadap Instrumen Assessment Keterampilan Proses Sains sangat baik dengan tingkat kesesuaian isi sebesar 90% mendapatkan kategori sangat tinggi, aspek konstruksi 80% mendapatkan kategori sangat tinggi, dan aspek keterbacaan 80% mendapatkan kategori sangat tinggi

Published
2018-12-10